followers

We dont make free artwork

Written by YESSIOW , Selasa, 16 April 2013

Jadi nih, ceritanya waktu itu, gue lagi mikir. mikirnya gini.......................

baru opening aja udah sombong xD hahahhaha
hmmmmmmmmmm
kenapa gue nggak manfaatin bakat gambar gue supaya dapet duit? ya emang bener, waktu itu kantong lagi menipis. sekarang juga sih, mahaahhaha. Belum dapet sebulan, duit udah tinggal selembar aja.
gue akan bertarung supaya mendapatkan bakat kosong. kemudian akan mengisi bakat kosong itu dengan merubah rasa kangen ku padamu menjadi duit. hahahhahahaha #efekueki #plak

kebetulan waktu itu, lagi banyak yang minta gue gambarin. muncul lah otak bisnis.
Yang gue kira bakal berhasil, ntar tiap hari bakal dateng duit selembar ntah warna merah atau biru. Itu sudah cukup untuk jajan saya :')
Eh tapi taunya, yang minta gambarin lama-lama menghilang setelah gue bilang nggak gratis. Betapa sakitnya aku yang telah berharap lebih... #krik hahahhaha
"eh yes, gambar lo bagus" kata si X
"hehehehhe makasih"
"buatin gue dong, ya ya ya? plisssss. buat pacar gue nih dia selingkuh" Si X ngesot-ngesot dilantai
"hmmmm iya boleh, tapi nggak gratis ya"
"dih, cuma gini doang bayar?! gamau ah. gratis aja"

nah kan..
gue pernah nih, dapet pesenan gambar dari temen sekolah. minta dibuatin doodle. gue bilang nggak gratis. ya, oke. dia setuju buat nggak gratis. setelah gambar jadi, gue kasih ke dia. terus gue tinggal pergi.
tiba-tiba temennya temen gue itu, nyeletuk. "eh bagus! dari siapa? ha? kaya gini doang harganya segitu? ngabisin duit lo".
gue yang mendengar itu langsung. ngerasa............. ah sudahlah. sabar. hahahahah


Beberapa hari yang lalu, gue buka-buka blognya bang Yulianzone. Si Illustrator kece yang gambarnya keren badai. tiba-tiba gue nemu satu postingan dia yang menurut gue, "Iya, Bener banget". Ini nih, salah satu quote yang gue dapet dari postingan itu dan ternyata bang yulian juga nguote dari temennya. muahahha quote mengquote xD





setuju nggak?
apa sih bedanya artworker sama profesi lain?
kebanyakan orang kalo minta gambar, selalu pengen gratis. artworker juga manusia, sob. butuh duit, buat jajan, buat beli alat gambar atau buat beliin pulsa pacar. kan?
emang lo nggak butuh itu semua?. hahahahhaha.
kebanyakan orang juga selalu ngeremehin.
hargailah hasil karya seseorang. berani harga berapa? hayo. muahahhahaha

lalu gue kirim email ke bang Yulian.




Dan gue bertekat bakal lebih tegas untuk menentukan nasib hubungan kita! yak. #eh
iya, gue bakal lebih tegas buat menolak. karena gue sudah punya tambatan hati. *salahfokus*
tapi, kalo gue nggak selalu minta dibayar atau gimana. cuma kadang-kadang aja, kalo lagi kanker di akhir bulan. minimal kita barter artwork lah, kan lumayan sama-sama dapet feedback. eaaaaaa. hahahhaha
sebuah karya itu diciptain nggak secara cuma-cuma. butuh banyak ide yang menguras waktu. wahahahhahaha.

4 komentar:

  1. Setuju banget mbak. Rasanya tuh... Ahh sudahlah :')

    BalasHapus
  2. ini ngena banget Yes.. apalagi kalo yg minta itu temen, mau pasang tarif jadi gak enak, tapi kalo gratis... fyuuuh. Padahal kan bikinnya perlu waktu, perlu listrik (buat nyalain laptop). Yasudahlah.. lama-lama juga ngerti :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka gaakan ngerti kl lo diemin terus. :))

      Hapus

dikomen juga boleh.. boleh banget malahan... :))